Minggu, 19 Mei 2013

Pesona Pantai Kenjeran - Jawa Timur

Posted by Sri smakta On 18.50 | No comments

Pantai Kenjeran

Tak hanya sebagai kota industri dan perdagangan, Surabaya juga merupakan kota bahari. Sebagai kota bahari, sudah barang tentu, ‘Kota Buaya’ ini memiliki objek wisata pantai. Itulah Pantai Kenjeran. Dibanding sejumlah objek wisata pantai lain di tanah air seperti Pantai Parangtritis (Yogyakarta), Pantai Sanur dan Kuta (Bali), serta Bunaken (Sulawesi Utara), memang Pantai Kenjeran kalah kondang. Padahal, jika ditilik dari potensi panorama dan sumber daya alamnya, sebenarnya Pantai Kenjeran tak kalah dibanding pantai-pantai lainnya.

Pesona Pantai Kenjeran

Taman Hiburan Pantai Kenjeran Lokasinya terletak di bagian Utara Surabaya, bersebelahan dengan Pantai Ria Kenjeran dengan fasilitas parkir yang memadai. Di sini Anda dapat langsung menikmati indahnya air laut dan semilir angin laut. Tempat ini dapat memanjakan para pengunjungnya dengan menyediakan beberapa fasilitas taman untuk bersantai, sambil anda menggelar tikar dibawah pohon yang rindang anda dapat merasakan sejuknya udara pantai dan anda dapat pula menikmati makanan khas Surabaya seperti lontong kupang, sate kerang, dan lainnya. Juga dapat ditemui ikan segar, ikan asin, kerupuk udang dan souvenir- souvenir cantik dari Surabaya hasil industri rumah tangga.

Pantai Kenjeran

Pantai Kenjeran menawarkan objek wisata alami dengan fasilitas minimalis. Yang ditawarkan objek wisata ini lebih pada dunia anak-anak. Karenanya, fasilitas yang tersedia didominasi oleh permainan anak-anak seperti komedi putar, perosotan, jungkat-jungkit, tangga lingkar, dan permainan anak lainnya.
Lain lagi dengan Kenjeran Park yang dikelola pihak wisata. Di lokasi ini, lebih banyak lagi yang ditawarkan. Mulai dari sarana hiburan, olahraga, wisata religi, budaya, hingga edutainment. Di Water Park Kenjeran misalnya, tersedia kolam renang dengan berbagai kedalaman. Bahkan, untuk anak-anak, ada papan luncur setinggi lebih dari 10 meter.
Pada malam hari, Kya-Kya terlihat lebih menarik. Cahaya temaram dari lampion-lampion cantik yang bergelantungan membuat suasana pantai terasa romantis. Sembari menikmati suasana itu, pengunjung bisa menikmati aneka makanan laut di restoran sea food yang berderet di sepanjang pantai. Jika Anda ke sana, jangan lewatkan mencicipi makanan laut khas Surabaya seperti lontong kupang, satai kerang, dan kepiting rebus.

Pantai Kenjeran

Setiap pertengahan September, Kya-Kya Kenjeran menjadi ajang Festival Bulan Purnama. Dalam festival yang berlangsung selama sebulan ini, Kya-Kya Kenjeran tampil semarak dengan ribuan lampion. Tahun ini, Festival Bulan Purnama sepertinya akan lebih meriah menyusul dibangunnya Kya-Kya baru di sisi timur pantai.  Kenjeran Park juga menyediakan fasilitas futsal indoor dengan kapasitas lebih dari dua lapangan. Bagi yang suka perang-perangan, tersedia wahana blast. Hanya dengan membayar Rp 30 ribu, Anda bisa berperan sebagai pasukan counter terorist. Masih di objek ini, tersedia arena bagi Anda yang gemar kebut-kebutan. Park Race, arenanya.
Hal lain yang menarik dari Kenjeran Park adalah bibir pantainya yang ditata dengan arsitektur Cina. Kya-Kya Kenjeran, demikian nama tepian pantai ini. Gaya arsitekturnya yang cantik membuat Kya-Kya Kenjeran menjadi tempat rekreasi favorit keluarga di Surabaya. Bahkan wisatawan mancanegara, khususnya dari Cina, Korea, dan Thailand, tak sedikit yang melancong ke tempat ini.

Pantai Kenjeran

Masih belum puas menikmati THP dan Kenjeran Park? Cobalah naik perahu ke tengah laut. Ada banyak nelayan yang menyediakan jasa perahu. Biasanya, para nelayan memasang tarif Rp 50 ribu per orang untuk satu kali keliling laut. Anda juga bisa mencarter perahu sendiri. Tarifnya, Rp 250 ribu. Dari tengah laut, Anda bisa melihat panorama Pantai Kenjeran secara utuh dengan segala aktivitasnya. Selain itu, Anda bisa melihat dari dekat hiruk-pikuk kapal-kapal nasional maupun internasional yang hendak berlabuh atau bertolak dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Anda juga bisa menikmati indahnya laut dan pulau madura dari atas perahu.
Sumber:
1. http://liburan.info/
2. http://www.wisatanesia.com/

0 komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Follow by Email